A BAB II KAJIAN PUSTAKA A

A

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. INTEGRITAS
Integritas adalah mutu sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran (http://pengertiandefinisi.com/pengertian-integritas-menurut-pandangan-para-ahli/). Dapat dikatakan Integritas adalah konsistensi dan keteguhan hati yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan berhubungan erat dengan karakter yang dapat diartikan sebagai kumpulan tata nilai yang mewujud sistem menjadi basic pemikiran, sikap, dan perilaku. Jadi, seseorang yang berkarakter bukan hanya karena ia baik, tetapi mampu menggunakan nilai baik tersebut dalam proses berpikir, bersikap, dan berperilaku sehari-hari. Freud (dalamSoedarsono, 2008).

B. EVALUASI
Setiap kegiatan membutuhkan evaluasi dan dan sejalan dengan Gunawan (2012) Evaluasi adalah teknik dan instrumen penilaian yang dipilih dan dilaksanakan tidak hanya mengukur pencapaian akademik/kognitif siswa, tetapi juga mengukur perkembangan kepribadian siswa. Sehingga perlu diupayakan teknik evaluasi yang diaplikasikan dengan teknologi sederhana yang dapat mengembangkan kongnitif dan kepribadian siswa sekaligus, seiring dengan pendapat Saifuddin (2013:163), pengelolaan evaluasi dalam proses pembelajaran adalah suatu kegiatan perencanaan yang dilakukan untuk mengevaluasi atau menilai proses belajar siswa dengan didikan gurunya.
Sejalan dengan pendapat (Rusman dkk,2011:323) Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan, pengambilan keputusan atas data tentang tentang suatu objek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas objek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu. Sehingga dapat memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran yang mampu meningkatkan karakter tanggungjawab, kejujuran dan disiplin.

C. MICROSOFT OFFICE POWER POINT
Microsoft Office PowerPoint Menurut Adi Kusrianto (2007:123), PowerPoint menyediakan sarana berbagai pilihan untuk mengatur transisi dan juga timing atau waktu perpindahan dari slide yang satu ke slide berikutnya. Pembuatan alat evaluasi dengan baik dan terencana dengan Powerpoint menjadi sangat penting.
Microsoft Office PowerPoint dapat dimanfaatan sebagai alat evaluasi sebelum dan setelah pembelajaran selesai untuk meningkatkan integritas dan sangat berpengaruh pada kegiatan guru dalam menyusun pembelajaran, melaksanakan evaluasi berdampak pada peningkatan hasil belajar. Sejalan dengan Menurut Tim JubileeEnterprise (2010:1), Microsoft Office Power Point adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dokumen presentasi yang ditampilkan dalam slideshow.
Rangkaian slideshow tersebut akan membentuk tampilan presentasi yang menarik untuk dilihat dapat digunakan bukan sekedar untuk presentasi tetapi juga dapat dipergunakan sebagai media evaluasi yang mampu membangun karakter I-TKD pada siswa karena soal dimasukan pada setiap slide diatur timer nya sesuai tingkat kesukaran dan soal akan berpindah secara otamatis ke soal yang berikutnya sehingga tak memberi luang bagi siswa untuk bekerja sama atau bertanya dan tidak disiplin dan bertanggung jawab tehadap kewajibanya.

BAB III
METODE
A. PROSEDUR
Pembimbingan guru dalam meningkatkan Integritas I-TKD ini, diterapkan pada semua guru binaan tapi khusus menjadi sample sekolah binaan SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo dan pada dimulai tahun 2015 terus menerus secara bertahap dan diintegrasikan pada pelaksanaan pendampingan guru menyusun administrasi pembelajaran dengan media bervariatif dilanjutkan dengan supervisi akademik sebagi evaluasi penerapan PowerPoint dalam evaluasi pembelajaran pada kegiatan pre tes dan post, yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi.
Secara grafis prosedur best practice dapat digambarkan sebagai berikut:

.

Gambar 3.1 Prosedur best practice

Tahap-tahap ini akan dijelaskan dibawah ini :
1. Tahap Persiapan/Perencanaan
Pada tahap perencanaan,pengawas bertemu guru-guru binaan membahas program yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2015/2016 pada pendampingan MGMP disekolah binaan.Pengawas berperan sebagai pedamping guru dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Pengawas memaparkan beberapa informasi terkait I-TKD. Pengembangan pembelajaran memperhatikan tingkat kesukaran soal dengan menerapkan teknik pembelajaran yang bersesuaian. Bersama guru binaan, mendiskusikan bagaimana langkah penggunaan aplikasi Microsoft Office PowerPoint untuk meningkatkan I-TKD pada evaluasi pembelajaran yang berdampak pada peningkatan mutu Pendidikan.
Pengawas dan guru binaan, mengkaji Kompetensi dasar untuk setiap jenjang kelas. Menemukan KD yang cocok untuk dijadikan RPP yang berkarakter. Menyesuaikan soal sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan merumuskan langkah langkah evaluasi dengan menggunakan Microsoft Office PowerPoint.
Secara rinci struktur program dapat diuraikan pada tabel berikut:
Tabel 3.1 Struktur Program Pembimbingan Guru
No. Mata Kegiatan Indikator Metode/TeknikKegiatan
1. Pembimbingan guru menyusun soal dan menggunakan PowerPoint ? Kemampuan mengidentifikasi KD
? Kemampuan menyusun soal sesuai indikator
? Kemampuan menggunakan PowerPoint ? Paparan, diskusi, Tanya jawab
? Teknik supervise kelompok dalam bentuk pertemuan dengan kelompok guru
? FGD bentuk diskusi

2. Tahap Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan pembimbingan guru, metode/teknik kegiatan yang digunakan adalah teknik pendampingan kelompok dalam bentuk diskusi, Tanya jawab, dan pendampingan individual dalam bentuk kunjungan kelas. Kunjungan kelasini untuk melihat langsung implementasi penggunaan media aplikasi power point dalam meningkatkan integritas dalam evaluasi pembelajaran khususnya penerapan tanggungjawab, kejujuran, dan disiplin.Kunjungan kelas ini terintegrasi padakegiatan supervisi akademik.
Tabel 3.2 KegiatanSupervisiAkademik.
No. Mata Kegiatan Indikator Metode/Teknik Kegiatan
1. Pelaksanaan penggunaan Aplikasi ? Kemampuan guru memasukan soal Mengunakan powerpoint
? Terwujud sikap I-TKD dalam evaluasi pembelajaran dan peningkatan mutu proses pembelajaran ? Paparan dan Tanya jawab
? Teknik supervise kelompok dan individu

3. Tahap Evaluasi
Tahap evaluasi dilakukan dalam bentuk diskusi berupa ide, saran dan refleksi antara pengawas dan guru, baik dalam kelompok maupun individual. Evaluasi kegiatan diarahkan pada terlaksananya pembimbingan tentang penggunaan media aplikasi powerpoint, tersusunnya RPP yang mengimplementasikan kegiatan pembimbingan karakter, dalam evaluasi pembelajaran yang menerapkan sikap I-TKD.
B. INSTRUMEN